Wednesday, July 1, 2009

Do Events

Setelah beberapa hari mengerjakan aplikasi keuangan mahasiswa untuk sebuah lembaga pendidikan, akhirnya selesai juga bagian yang menurut saya adalah proses terpenting dan tersulit. Ga bisa dibayangkan seandainya sebuah aplikasi keuangan mengalami kesalahan dalam proses perhitungan.
Yap... bagian itu adalah bagian perhitungan kelebihan dan kekurangan pembayaran untuk tiap-tiap mahasiswa. Atau dengan kata lain pencarian balance pembayaran pada tiap semester. Kebetulan juga saya membangun aplikasi ini dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, cukup jadul, tapi apa salahnya? toh itu juga aplikasi kecil nan ringan :)
Untuk menghitung balance pembayaran tiap-tiap mahasiswa tentunya memerlukan proses iterasi (perulangan). Dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak disertai item pembayaran yang banyak, maka proses perulangan pastinya berjalan sangat lama. secara default perulangan yang berjalan dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan seolah-olah aplikasi mengalami 'hang'. Pengguna yang awam akan beranggapan bahwa aplikasi sudah tidak berjalan dengan lancar alias ngadat, padahal sebenarnya proses masih berjalan sesuai dengan semestinya.
Nah... untuk mengatasi hal ini, kita bisa menggunakan procedure "DoEvents"

for i = 0 to 25000
DoEvetnts
'lanjutkan dengan statement iterasi
next i
Dengan struktur seperti ini, user akan tetap dapat melakukan interaksi selama proses perulangan berlangsung, dan tidak beranggapan aplikasi yang dijalankannya sedang mengalami hang. Silahkan mencoba :)

2 comments:

Unknown said...

benar2 orang yang berfikir panjang, logikanya manteb, dan rekayasa perangkat lunaknya juga oke :) nice work zzzzzzzzzz

Akhmad Zaini said...

Padahal iki pisan yoo copas tekan artikel-artikel dek internet, jwahahahahaha...