Thursday, September 18, 2008

Installasi Xampp For Linux

PHP, MySQL dan Apache merupakan perangkat yang tidak pernah lepas dari implementasi aplikasi berbasis web. Selain gratis dalam penggunaannya ketiga perangkat ini juga sangat mudah sekali untuk dicari sumber dayanya, karena mayoritas situs - situs di internet menggunakan ketiga perangkat ini. Untuk mempermudah para pengembang dalam menggunakan perangkat ini, banyak sekali disediakan paket installasi yang intinya para pengembang tersebut tidak perlu susah-susah menginstall ketiga perangkat ini secara terpisah.

Salah satu dari paket installasi yang tersedia adalah xampp. Xampp tidak hanya menyediakan PHP, MySQL dan Apache, disamping ketiga perangkat tersebut xampp juga menyertakan file server dan mail server ke dalam paket installasinya. Membantu sekali bukan ?. Keunggulan dari Xampp yang lain adalah tersedia dalam dua paket installasi yaitu windows dan linux. Kali ini saya akan membahas installasi xampp for linux, kebetulan saya menggunakan mandriva one 2007 :

  1. Download paket installasi xamp for linux disini
  2. Buka terminal
  3. pindah ke directory tempat master xampp berada dengan perintah cd [direktori master xampp].
  4. Kita bisa mengecek keberadaan file master xampp dengan perintah ls
  5. Login sebagai super user dengan perintah su
  6. extract master xampp dengan perintah tar, di extract ke directory /opt dengan periintah tar -xvf [nama file master xampp] -C /opt
  7. Secara otomatis akan terdapat direktori baru dengan nama lampp pada direktori /opt. Untuk memulai service gunakan perintah : /opt/lampp/lampp start.
  8. Ganti parameter start dengan stop untuk menghentikan service.
  9. Ganti parameter start dengan restart untuk me-restart service.

0 comments: